4 Cara Memilih Concealer yang Cocok Untuk Kulit Wajahmu

4 Cara Memilih Concealer yang Cocok Untuk Kulit Wajahmu

Cara memilih concealer ternyata tidak sulit. Kamu bisa memilih concealer yang tepat hanya dengan melihat dan mempertimbangkan beberapa hal saja. Peran concealer dalam make up itu cukup penting jadi tak heran jika banyak orang yang menggunakannya. 

Concealer biasa dipakai setelah menggunakan foundation dan berfungsi untuk meratakan warna kulit. Menggunakan concealer bisa menutupi masalah kulit seperti bekas jerawat, mata panda, bintik hitam, garis halus, dan lain sebagainya. 

Cara Memilih Concealer Sesuai Kebutuhan 

Memilih concealer tidak boleh sembarangan, harus diperhatikan pula kandungannya. Sebaiknya hindari concealer yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidroquinon, pewarna merah K3, asam retinoat, dan timba. 

Ikuti tips berikut ini supaya tidak salah saat memilih concealer yang tepat: 

1. Perhatikan jenis kulit 

Cek kondisi kulit wajah kamu sebelum memilih concealer, karena concealer dibedakan menjadi 4 berdasarkan teksturnya. 

  • Concealer cair 

Concealer cair cocok untuk hampir semua jenis kulit baik normal, sensitif, berminyak, dan kombinasi. Teksturnya cair sangat mudah diaplikasikan di atas foundation dan bisa menutupi area yang kemerahan. 

  • Concealer krim 

Concealer jenis ini cocok digunakan untuk kulit wajah kering, formulanya creamy jadi bisa menempel dengan kuat di wajah. Khusus yang berbentuk stick, selain bisa digunakan untuk menyamarkan noda juga bisa sekalian digunakan untuk kontur.  

  • Powder concealer 

Jenis terakhir ini cocok digunakan untuk kulit wajah normal, hasil akhirnya matte dan tentu saja mudah digunakan serta ampuh menutupi spot-spot yang tidak ingin ditunjukkan seperti bekas jerawat dan mata panda. 

2. Memilih warna concealer 

Cara memilih concealer selanjutnya adalah memilih warna concealer yang tepat. Concealer harus memiliki warna yang lebih terang dari kulit aslimu. Pilih 1 atau 2 tingkat warna yang lebih cerah, selain itu warna concealer juga memiliki fungsi yang berbeda seperti berikut ini : 

  • Concealer warna orange undertone atau peach berfungsi untuk menyamarkan mata panda atau lingkaran gelap di bawah mata. Kedua warna ini akan menetralkan warna gelap di bawah mata dan juga bisa digunakan untuk menutupi bekas jerawat. 
  • Concealer warna hijau berfungsi untuk menutupi kemerahan di wajah. Cara pakainya adalah dengan menutupi area kemerahan menggunakan concealer hijau kemudian ditimpa lagi dengan concealer yang memiliki warna sama dengan undertone kulit. 
  • Concealer warna kuning berfungsi untuk menyamarkan urat di wajah, sebagian orang memiliki masalah dengan urat yang nampak jelas di beberapa area wajah seperti area pipi dan kelopak mata. Concealer ini bisa menutupi urat kamu dengan sempurna. 
  • Concealer warna terang berfungsi sebagai highlight, oleskan concealer warna terang di bagian bawah mata, tulang hidung bagian tengah lurus hingga ujung hidung, atas bibir, tengah dahi, dan tengah dagu.

3. Cek Tingkat Oksidasinya 

Sama seperti foundation, beberapa jenis concealer juga bisa mengalami oksidasi, untuk mengetahuinya kamu bisa melakukan cara di bawah ini : 

Ambil 1 pump concealer kemudian oleskan pada lengan bagian dalam, lalu biarkan selama 15 menit, kemudian perhatikan apakah ada perubahan atau tidak. 

Oksidasi merupakan bentuk reaksi make up dengan oksigen. Jika concealer mengalami oksidasi warnanya bisa berubah menjadi gelap dan luntur. 

4. Cek dan Bandingkan Review dari Orang Lain 

Cara memilih concealer yang bagus kualitasnya, paling gampang adalah dengan minat review orang lain. Sekarang banyak beauty blogger yang sering mereview produk kecantikan termasuk concealer. 

Sebaiknya lihat ulasan dari beberapa orang untuk jadi bahan pertimbangan. Selanjutnya tinggal sesuaikan dengan budget, tipe kulit, tekstur, dan warna yang dibutuhkan. 

Cara memilih concealer ternyata sangat mudah kan? Tidak perlu ragu bertanya kepada orang yang lebih paham jika masih merasa ragu. Satu lagi tips yang tidak boleh dilewatkan adalah pilih concealer yang sudah terdaftar di BPOM. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply